Sunday, April 19, 2015

Apa itu PPC (Pay Per Click)

PPC merupakan singkatan dari pay per click yang apabila di Bahasa Indonesiakan berarti dibayar tiap klik. Anda pasti ingin tahu lebih tentang bisnis online jenis ini. Oke langsung saja ini penjelasan singkatnya.

Lalu apa itu PPC?

PPC adalah salah satu jenis bisnin online dimana anda akan dibayar tiap klik valid yang terjadi pada iklan yang anda pasang di suatu blog/website. Ilustrasinya seperti ini : Anda mendaftar sebagai salah satu publisher di salah satu PPC, kemudian anda memasang iklan di blog yang anda miliki. Suatu hari ada pengunjung yang mengeklik iklan yang telah anda pasang di blog anda. Sehingga anda mendapatkan uang dari PPC yang anda ikuti. PPC juga dibayar oleh advertiser. Advertiser adalah pengiklan (pemilik iklan) yang membayar kepada PPC tiap klik yang terjadi pada blog milik publisher. Jadi ppc ini sebenarnya hanyalah perantara antara anda dan pengiklan (advertiser).
Bingung ya?? Kalau masih bingung terus baca artikel ini sampai akhir, he he.

Untuk bermain dengan bisnis online jenis ini syaratnya anda harus mempunyai sebuah blog/website. Contoh ppc lokal indonesia : Adsensecamp, kumpulblogger, idblognetwork, kliksaya, dan lain sebagainya. Contoh ikla ppc luar negri : Chitika, bidvertiser, ylixx, propeller ads dll.

PPC terbaik yang paling disukai oleh para blogger adalah dari google, yang biasa disebut dengan google adsense. Kelebihan ppc ini adalah bayarannya yang lebih besar bila dibandingkan dengan sekawannya, selain itu juga iklan yang tampil akan menyesuaikan dengan niche blog, sehingga klik yang terjadipun akan semakin banyak.
Kalau masih pemula seperti saya ini lebih baik menggunakan blog yang gratisan seperti blogspot. Mau tahu contoh iklan ppc, ini dia screen shotnya :

Contoh PPC
Contoh PPC
Diatas adalah salah satu blog dari blogspot yang saya miliki. Di atas adalah contoh iklan PPC dari ppc lokal indonesia yakni adsensecamp.com. Jadi setiap pengunjung yang mengeklik iklan yang saya pasang di blog yang saya miliki, saya akan mendapatkan komisi dari adsensecamp. Komisinya sekitar Rp 300 - 400 / klik. Tergantung jenis iklannya.

Untuk bermain di bisnis ppc ini ada beberapa kunci agar pendapatannya maksimal.
1. Niche blog
Niche atau tema dari sebuah blog sangat mempengaruhi dari besar kecilnya pendapatan, semakin relevan niche blog dengan niche iklan yang ditampilkan semakin besar pula jumlah klik yang akan terjadi. Jadi usahakan iklan ppc yang anda pasang sesuai dengan niche blog anda.

2. Popularitas blog
Yang kedua ini adalah popularitas, artinya besar kecilnya pengunjung blog yang anda kelola, tentunya semakin banyak visitor/pengunjung tiap harinya akan semik besar pula klik yang terjadi. Pendapatannya pun meningkat. Ditambah lagi buatlah konten yang berkualitas, dan banyak-banyak share di Social Media.

3. Fokus
Untuk membangun sebuah blog yang bagus membutuhkan waktu yang lama, bisa sampai 2 bulan, bahkan bisa lebih, tergantung dari kegigihan anda. Jadi harus tetap fokus. 

Itu hanya sedikit tips dari blog ppc lokal terpercaya, lain kali akan saya bagi yang lebih banyak lagi.

0 comments

Post a Comment